Skip to main content

Pengertian Tugas & Tanggung Jawab Business Analyst

Business Analyst / Analisis Bisnis
Pengertian Analisis Bisnis
Menurut wikipedia seorang Business Analyst adalah seseorang yang menganalisis sebuah organisasi, perusahaan maupun instansi secara (nyata atau hipotetis) dan mendesain proses dan sistem, menilai model bisnis menintegrasikannya dengan teknologi. Nah Tugas seorang business Analyst adalah memahami struktur, kebijakan, dan operasi dari suatu organisasi, dan untuk merekomendasikan solusi yang memungkinkan organisasi untuk mencapai tujuannya. Jadi Analis Bisnis diminta untuk menganalisis, mengubah dan akhirnya menyelesaikan masalah bisnis dengan bantuan teknologi baik dalam penggunaan alat teknologi terbaru, aplikasi maupun teknologi lainnya.

Image Source : Workable.com

Business Analyst adalah seseorang yang merupakan bagian dari operasi bisnis dan bekerja dan berkaitan dengan Teknologi Informasi untuk meningkatkan kualitas layanan yang disampaikan, kadang-kadang membantu dalam Integrasi dan Pengujian solusi baru di perusahaan, instansi maupun organisasi. Business analyst juga dapat mendukung pengembangan materi pelatihan, berpartisipasi dalam pelaksanaannya, dan memberikan dukungan pasca implementasi. Hal ini mungkin melibatkan pengembangan rencana proyek dan seringkali memerlukan keterampilan manajemen proyek.

Tanggung Jawab & Syarat Seorang Business Analyst
Pada umumnya Business Analyst memiliki latar belakang teknik, memiliki pengalaman kerja sebagai programmer atau insinyur, atau menyelesaikan gelar Ilmu Komputer. Bisnis analis tidak harus selalu bekerja dalam proyek-proyek yang berkaitan dengan IT, keahliannya juga sering diperlukan dalam bidang pemasaran dan keuangan juga. Biasanya beberapa perusahaan atau industri yang membutuhkan jasa dari bisnis analis biasanya yang bergerak di bidang keuangan, perbankan, asuransi, telekomunikasi, utilitas, layanan perangkat lunak dan sebagainya. Business analyst memiliki tanggung jawab memahami struktur, kebijakan, dan proses produksi suatu perusahaan maupun organisasi dan merekomendasikan solusi, cara, metode yang memungkinkan organisasi untuk mencapai tujuannya dan memiliki jiwa problem solver.

Bidang analisis bisnis
Nah dilihat dari bidangnya bisnis analis bisa dibedakan menurut tingkatan bidang antara lain sebagai berikut.

  • Perencanaan strategis adalah bisnis analis untuk mengidentifikasi kebutuhan bisnis organisasi
  • Analisis model bisnis adalah bisnis analis yang bekerja sesuai bidang untuk menentukan kebijakan organisasi dan pendekatan pasar
  • Proses desain adalah bisnis analis yang bekerja sesuai bidang kerjanya untuk membakukan alur kerja organisasi
  • Analisis sistem adalah bisnis analis yang bekerja untuk menginterpretasikan aturan bisnis dan persyaratan untuk sistem teknis (umumnya dalam IT)

Comments

Popular posts from this blog

Tugas & Tanggung Jawab Admin Sales (Admin Penjualan)

Administrator Sales / Admin Penjualan Pengertian Administrator Sales (Admin Penjualan) Administrator penjualan atau Admin Sales memainkan peran administratif utama dalam mendukung tim penjualan dan memberikan hubungan penting antara wiraniaga dan klien. Tugas admin sales penuh tantangan seperti melaporkan kepada eksekutif penjualan, bekerja di lingkungan yang penuh tantangan dan kompetitif, memproses semua dokumen yang terkait dengan penjualan dan mengatur janji bagi tenaga penjualan untuk mengunjungi pelanggan baru maupun pelanggan lama. Administrator Penjualan menghasilkan prospek klien, meningkatkan jumlah pelanggan, menjawab pertanyaan klien dan menyiapkan dokumentasi penjualan. Sebagian besar waktu mereka dihabiskan untuk mengkomunikasikan dan menangani informasi pelanggan. Source Image: kwik-staff.co.uk Administrator pendukung penjualan memberikan dukungan penting bagi tim penjualan perusahaan. Mereka menangani tugas administratif yang penting, seperti pemrosesan pesanan, dan ber

Pengertian Tugas & Tanggung Jawab Dosen (Lecturer)

Pengertian Dosen Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Img credit by Flickr.com Dosen memiliki tugas mengajar dan membimbing mahasiswa agar yang bersangkutan memiliki kompetensi yang relevan dengan keahliannya dan memiliki tanggung jawab pengembangan ilmu pengetahuan melalui penelitian yang semestinya dilakukan secara terus menerus. Tugas Dosen Menciptakan suasana atau iklim proses pembelajaran yang dapat memotivasi Memiliki tugas yang beragam yang berimplementasi dalam bentuk pengabdian. Tugas tersebut meliputi bidang profesi, bidang kemanusiaan, dan bidang kemasyarakatan. Tugas umum dosen sebagai profesi meliputi mendidik, mengajar dan melatih. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Merencanakan dan melaksanakan pengajaran Melaksanakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat Me

Pengertian Tugas & Tanggung Jawab Translator (Penerjemah)

Translator / Penterjemah Pengertian translator Penterjemah atau translator adalah seseorang atau tim yang bertugas dalam menterjemahkan suatu file, data maupun bahasa kedalam format yang diinginkan klien atau perusahaan dimana dia bekerja. Penerjemah terutama bekerja dengan hal hal bisnis, teknis, hukum dan bahan-bahan tertulis ilmiah termasuk surat-surat, laporan, artikel, buku dll. Pekerjaan mereka menggabungkan: Membaca & menterjemahkan dokumen Menulis dan mengedit salinan Mempersiapkan ringkasan Konsultasi klien Mengembangkan kontak dan menggunakan program komputer terjemahan Beberapa bisnis yang memerlukan jasa penterjemah / Translator Perusahaan penerjemahan Organisasi komersial dan industri Layanan Sipil Badan-badan internasional Banyak penerjemah diri dipekerjakan secara freelance, dibayar per kata sesuai dengan bahasa sehingga pendapatan dapat bergantung pada kecepatan penerjemahan. Perusahaan penerjemahan spesialis dan lembaga biasanya lebih memilih staf yang berpengalama