Skip to main content

Tugas & Tanggung Jawab Supervisor Marketing

Supervisor Marketing
Pengertian Supervisor Marketing
Supervisor atau dalam bahasa Indonesia disebut penyelia adalah jabatan dalam struktur perusahaan yang mempunyai kuasa dan wewenang untuk mengeluarkan perintah kepada rekan kerja bawahannya dibawah arahan jabatan atasannya. Jika dilihat dari bahasa inggris supervisor merupakan bentuk kata dari supervise (mengawasi, mengarahkan) jadi jika dideskripsikan maka supervisor adalah seseorang yang diberi wewenang atau memiliki jabatan untuk mengawasi, mengarahkan suatu tatacara yang mengendalikan pelaksanaan tatacara lainnya.

Seperti perwira menengah dalam struktur TNI, supervisor ini juga bisa disejajarkan dalam tingkat di tingkat madya, yaitu seseorang yang diberikan kewenangan oleh jabatan diatasnya untuk memberikan arahan dan mengawasi jalannya atau tata cara kinerja anak buahnya, mengawasi dan memberikan arahan para pegawai pelaksana langkah-langkah kebiasaan kegiatan niaga atau produksi suatu perusahaan sehari-hari. Tugas seorang supervisor berbeda beda disetiap perusahaan maupun instansi yang mempekerjakannya, namun secara umum supervisor mempunyai tugas utama yaitu memonitoring suatu jalannya produksi agar berjalan lancar dan terkendali.


Supervisor harus bertanggung jawab dalam memastikan semua pekerjaan dilaksanakan dengan baik sehingga semua proses produksi berjalan lancar seperti monitoring produksi, pengawasah anak buah, melakukan instruksi kerja, bertanggung jawab  keamanan, keselamatan atau kesehatan yang terancam. Ia harus mampu menjalin kerja sama dengan atasan perusahaan atau dengan bawahannya agar tidak terjadi konflik. Supervisor dapat dibagi dalam beberapa tugas sesuai bakat dan pengalamannya sebagai contoh supervisor produksi, marketing, management dan sebagainya.

Tugas & tanggung jawab Supervisor Marketing
  • Menulis dan menyajikan siaran pers untuk meningkatkan promosi, sponsor acara eksternal dan kemitraan strategis.
  • Mengembangkan dan memelihara hubungan promosi dengan sekolah, organisasi masyarakat dan bisnis setempat.
  • Meneliti dan mengembangkan informasi yang tersimpan untuk standar grafis dan program pemasaran regional.
  • Mengembangkan dan melaksanakan program periklanan dan pemasaran eksternal.
  • Menyiapkan strategi pemasaran dan merencana aksi untuk mencapai tujuan pemasaran yang spesifik.
  • Mengukur, menganalisis dan mengevaluasi program sesuai kebutuhan.
  • Mengawasi tingkat pemasaran, media, acara dan hubungan masyarakat, promosi dan periklanan lokal.
  • Memastikan untuk melaksanakan secara efektif semua pemasaran bersama dengan program PR (Public Relations / Humas}.
  • Mengkoordinasikan wawancara, media lokal menyimpan dokumentasi dan file pemasaran.
  • Memberikan arahan strategi, evaluasi, konsultasi dengan semua Anggota Tim pemasaran.
  • Mengkoordinasikan seluruh pemasaran internal serta upaya promosi termasuk merchandising, public relations, hubungan masyarakat, informasi, tanda cek di dalam toko, acara dan demo.
  • Dukung setiap aspek Tim Pemasaran termasuk Asisten Pemasaran dan Signmaker.

Comments

Popular posts from this blog

Tugas & Tanggung Jawab Admin Sales (Admin Penjualan)

Administrator Sales / Admin Penjualan Pengertian Administrator Sales (Admin Penjualan) Administrator penjualan atau Admin Sales memainkan peran administratif utama dalam mendukung tim penjualan dan memberikan hubungan penting antara wiraniaga dan klien. Tugas admin sales penuh tantangan seperti melaporkan kepada eksekutif penjualan, bekerja di lingkungan yang penuh tantangan dan kompetitif, memproses semua dokumen yang terkait dengan penjualan dan mengatur janji bagi tenaga penjualan untuk mengunjungi pelanggan baru maupun pelanggan lama. Administrator Penjualan menghasilkan prospek klien, meningkatkan jumlah pelanggan, menjawab pertanyaan klien dan menyiapkan dokumentasi penjualan. Sebagian besar waktu mereka dihabiskan untuk mengkomunikasikan dan menangani informasi pelanggan. Source Image: kwik-staff.co.uk Administrator pendukung penjualan memberikan dukungan penting bagi tim penjualan perusahaan. Mereka menangani tugas administratif yang penting, seperti pemrosesan pesanan, dan ber

Pengertian Tugas & Tanggung Jawab Dosen (Lecturer)

Pengertian Dosen Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Img credit by Flickr.com Dosen memiliki tugas mengajar dan membimbing mahasiswa agar yang bersangkutan memiliki kompetensi yang relevan dengan keahliannya dan memiliki tanggung jawab pengembangan ilmu pengetahuan melalui penelitian yang semestinya dilakukan secara terus menerus. Tugas Dosen Menciptakan suasana atau iklim proses pembelajaran yang dapat memotivasi Memiliki tugas yang beragam yang berimplementasi dalam bentuk pengabdian. Tugas tersebut meliputi bidang profesi, bidang kemanusiaan, dan bidang kemasyarakatan. Tugas umum dosen sebagai profesi meliputi mendidik, mengajar dan melatih. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Merencanakan dan melaksanakan pengajaran Melaksanakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat Me

Pengertian Tugas & Tanggung Jawab Translator (Penerjemah)

Translator / Penterjemah Pengertian translator Penterjemah atau translator adalah seseorang atau tim yang bertugas dalam menterjemahkan suatu file, data maupun bahasa kedalam format yang diinginkan klien atau perusahaan dimana dia bekerja. Penerjemah terutama bekerja dengan hal hal bisnis, teknis, hukum dan bahan-bahan tertulis ilmiah termasuk surat-surat, laporan, artikel, buku dll. Pekerjaan mereka menggabungkan: Membaca & menterjemahkan dokumen Menulis dan mengedit salinan Mempersiapkan ringkasan Konsultasi klien Mengembangkan kontak dan menggunakan program komputer terjemahan Beberapa bisnis yang memerlukan jasa penterjemah / Translator Perusahaan penerjemahan Organisasi komersial dan industri Layanan Sipil Badan-badan internasional Banyak penerjemah diri dipekerjakan secara freelance, dibayar per kata sesuai dengan bahasa sehingga pendapatan dapat bergantung pada kecepatan penerjemahan. Perusahaan penerjemahan spesialis dan lembaga biasanya lebih memilih staf yang berpengalama