Skip to main content

Tugas & Tanggung Jawab Front Office / Resepsionis

Front Office / Resepsionis / Kantor depan
Pengertian Front Office / Resepsionis / Kantor depan
Frontoffice atau resepsionis atau staff kantor depan adalah area dimana pengunjung tiba dan pertama kali bertemu dengan seorang staf di suatu instansi atau perusahaan. Staf kantor depan akan menangani pertanyaan apa pun yang ditanyakan pengunjung, dan menempatkan mereka dalam kontak pertama dengan orang yang relevan di perusahaan tersebut. Istilah front office berbeda dengan istilah back office yang mengacu pada operasi perusahaan, personalia, akuntansi, penggajian dan departemen keuangan yang tidak berinteraksi langsung dengan pelanggan.

Front office atau resepsionis menerima informasi tentang pelanggan dan kemudian akan meneruskan ke departemen terkait di perusahaan. Front office juga dapat menghubungi bagian pemasaran atau penjualan jika pelanggan memiliki pertanyaan seputar penjualan atau pemasaran. Front office atau resepsionis merupakan posisi penting karena posisi ini akan selalu berhubungan dengan pelanggan.

tugas dan tanggung jawab front office
Source Image: SlideShare

Pekerjaan yang paling umum bagi staf front office adalah melayani konsumen dan membantu secara internal di kantor. Staf yang bekerja di front office juga bisa menangani tugas sederhana, seperti mencetak dan mengetik tugas dan menyortir email. Meskipun staf kantor depan mungkin hanya perlu melakukan tugas seperti menjawab telepon, menggunakan printer dan mesin faks, pelatihan masih diperlukan untuk tugas ini. Front office terkait dengan sistem penyampaian layanan, dimana karyawan terlibat dengan pelanggan. Ini menggunakan parameter intensitas tenaga kerja untuk mengetahui karakteristik khas suatu layanan.

Front office merupakan "icon" perusahaan karena tugasnya memastikan pengunjung menerima sambutan yang hangat, hal ini juga termasuk mengkoordinasikan semua kegiatan di meja depan, termasuk panggilan, pemesanan dan layanan tamu. Manager staff ini harus menggabungkan kepribadian yang menyenangkan dengan sikap profesional yang dinamis untuk mengawasi dan memimpin tim. Dapat menangani keluhan secara efisien dan memiliki pendekatan layanan pelanggan yang solid.

Tugas & Tanggung jawab Front Office
  • Memastikan meja depan dalam keadaan rapi dan memiliki semua alat tulis dan materi yang diperlukan (misalnya pena, formulir dan selebaran informatif)
  • Melatih, mengawasi dan mendukung staf kantor, termasuk resepsionis, penjaga keamanan dan agen call center
  • Memastikan layanan pelanggan tepat waktu dan akurat
  • Menangani keluhan dan permintaan pelanggan tertentu
  • Memecahkan masalah keadaan darurat
  • Memantau stok dan pesan perlengkapan kantor
  • Memastikan distribusi surat yang benar
  • Menyiapkan dan pantau anggaran kantor
  • Menyimpan catatan biaya dan biaya kantor yang diperbarui
  • Memastikan kebijakan dan persyaratan keamanan perusahaan terpenuhi

Persyaratan Yang Dibutuhkan
  • Memiliki pengalaman kerja sebagai front office / resepsionis
  • Berpengalaman dengan mesin kantor (misalnya mesin faks dan printer)
  • Memiliki pengetahuan menyeluruh tentang layanan pelanggan, manajemen kantor dan prosedur pembukuan dasar
  • Mahir berbahasa Inggris (lisan dan tulisan)
  • Pengetahuan yang solid dari MS Office, khususnya Excel dan Word
  • Memiliki komunikasi yang baik dan keterampilan orang
  • Kemampuan organisasional dan multitasking yang baik
  • Keterampilan memecahkan masalah

Comments

Popular posts from this blog

Tugas & Tanggung Jawab Admin Sales (Admin Penjualan)

Administrator Sales / Admin Penjualan Pengertian Administrator Sales (Admin Penjualan) Administrator penjualan atau Admin Sales memainkan peran administratif utama dalam mendukung tim penjualan dan memberikan hubungan penting antara wiraniaga dan klien. Tugas admin sales penuh tantangan seperti melaporkan kepada eksekutif penjualan, bekerja di lingkungan yang penuh tantangan dan kompetitif, memproses semua dokumen yang terkait dengan penjualan dan mengatur janji bagi tenaga penjualan untuk mengunjungi pelanggan baru maupun pelanggan lama. Administrator Penjualan menghasilkan prospek klien, meningkatkan jumlah pelanggan, menjawab pertanyaan klien dan menyiapkan dokumentasi penjualan. Sebagian besar waktu mereka dihabiskan untuk mengkomunikasikan dan menangani informasi pelanggan. Source Image: kwik-staff.co.uk Administrator pendukung penjualan memberikan dukungan penting bagi tim penjualan perusahaan. Mereka menangani tugas administratif yang penting, seperti pemrosesan pesanan, dan ber

Pengertian Tugas & Tanggung Jawab Dosen (Lecturer)

Pengertian Dosen Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Img credit by Flickr.com Dosen memiliki tugas mengajar dan membimbing mahasiswa agar yang bersangkutan memiliki kompetensi yang relevan dengan keahliannya dan memiliki tanggung jawab pengembangan ilmu pengetahuan melalui penelitian yang semestinya dilakukan secara terus menerus. Tugas Dosen Menciptakan suasana atau iklim proses pembelajaran yang dapat memotivasi Memiliki tugas yang beragam yang berimplementasi dalam bentuk pengabdian. Tugas tersebut meliputi bidang profesi, bidang kemanusiaan, dan bidang kemasyarakatan. Tugas umum dosen sebagai profesi meliputi mendidik, mengajar dan melatih. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Merencanakan dan melaksanakan pengajaran Melaksanakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat Me

Pengertian Tugas & Tanggung Jawab Translator (Penerjemah)

Translator / Penterjemah Pengertian translator Penterjemah atau translator adalah seseorang atau tim yang bertugas dalam menterjemahkan suatu file, data maupun bahasa kedalam format yang diinginkan klien atau perusahaan dimana dia bekerja. Penerjemah terutama bekerja dengan hal hal bisnis, teknis, hukum dan bahan-bahan tertulis ilmiah termasuk surat-surat, laporan, artikel, buku dll. Pekerjaan mereka menggabungkan: Membaca & menterjemahkan dokumen Menulis dan mengedit salinan Mempersiapkan ringkasan Konsultasi klien Mengembangkan kontak dan menggunakan program komputer terjemahan Beberapa bisnis yang memerlukan jasa penterjemah / Translator Perusahaan penerjemahan Organisasi komersial dan industri Layanan Sipil Badan-badan internasional Banyak penerjemah diri dipekerjakan secara freelance, dibayar per kata sesuai dengan bahasa sehingga pendapatan dapat bergantung pada kecepatan penerjemahan. Perusahaan penerjemahan spesialis dan lembaga biasanya lebih memilih staf yang berpengalama