Skip to main content

Pengertian Kerja Sebagai Seorang Freelance / Freelancer

Kerja Paruh Waktu / Kerja Lepas / Freelance
Pengertian Kerja Freelance
Seringkali kita mendengar pekerjaan freelance tetapi bagi sebagian orang pekerjaan sebagai freelance itu dimengerti secara jelas. Freelance merupakan pekerjaan paruh waktu atau pekerjaan lepas atau istilah yang biasa digunakan untuk orang yang bekerja sendiri dan tidak harus berkomitmen untuk jangka panjang kepada perusahaan, owner bisnis maupun pemilik usaha tertentu sehingga kerjaan sebagai freelance tidak bersifat terikat dengan aturan perusahaan. Dan orang yang melakukan pekerjaan freelance disebut sebagai freelancer.

Kerja Paruh Waktu / Kerja Lepas / Freelance
Image source: Smecomplete.com

Bidang pekerjaan yang paling umum menggunakan pekerja lepas (freelancer) ini biasanya dalam bidang penjualan (marketing, sales, SPG/SPB,dll), musik, menulis, pemrograman komputer, desain web, desain grafis, , fotografi, menerjemahkan /translate, editing dsb.  Menggambarkan bentuk lain dari kerja paruh waktu yang beberapa teori budaya menganggap sebagai pusat budaya ekonomi kognitif. Karena dikenal dikenal sebagai pekerja freelance / paruh waktu maka pelaku tidak dalam komitmen kontrak jangka panjang sehingga bisa saja mereka menjual karya mereka ke klien ketimbang dipekerjakan oleh sebuah bisnis.
Persyaratan

Persyaratan Menjadi Seorang Freelancer

Tidak ada persyaratan khusus untuk menjadi seorang freelancer. Beberapa orang memiliki beberapa latar belakang pendidikan formal seperti tertulis, jurnalisme atau pemrograman. Mereka mungkin juga memiliki memiliki derajat pendidikan seperti gelar master dalam jurnalisme atau dalam pemrograman komputer. Nah berikut persyaratan umum untuk menjadi seorang freelancer atau tenaga kerja paruh waktu / pekerja lepas:

Pengalaman
Ketika perusahaan atau bisnis mencari freelancer, mereka biasanya melihat pengalaman yang freelancer miliki dari portofolio pekerjaan yang mereka buat sebelumnya. Hal ini dapat sulit bagi orang yang baru memulai sebagai freelancer karena mereka tidak memiliki pengalaman dan orang-orang yang mempekerjakan biasanya akan memilih freelancer yang memiliki bukti dan pengalaman kerja seseuai pekerjaan paruh waktu yang dibutuhkan.

Fleksibilitas dan adaptasi yang baik
Salah satu keuntungan menjadi freelancer adalah mampu bekerja di mana saja. Freelancer tidak harus bekerja di dalam sebuah perusahaan atau kantor, sehingga mereka dengan mudah dapat bekerja di rumah. Mereka juga tidak terbatas oleh jadwal waktu dan memiliki kebebasan untuk membuat jadwal mereka sendiri. Fleksibilitas dan mudah beradaptasi dengaan pekerjaan freelance merupakan syarat umum untuk menjadi freelancer, sebuah pilihan menarik bagi orang-orang yang tidak suka aturan dan jadwal yang membosankan.

Paham dunia internet / online
Orang biasanya dapat menemukan dan menyewa freelancer dari internet atu secara online. Jika anda berminat menjadi seorang freelancer coba anda ketikkan di browser internet dengan kata kunci frrelancer, maka anda akan menemukan banyak situs yang menyediakan pekerjaan freelance sesuai dengan bakat, minat maupun pengalaman yang dimiliki. Sebut saja beberapa website populer seperti GetaFreelancer.com, ScriptLance, eLance, Guru.com dan Rent-a-Coder adalah beberapa website yang akan mempertemukan anda sebagai pekerja lepas dengan pemiliki usaha yang membutuhkan tenaga freelance.

Bisa memanage waktu dengan baik
Walaupun pekerjaan freelance tidak terikat dengan komitmen maupun aturan bisnis tetapi tetap saja pekerjaan paruh waktu memiliki tenggat waktu atau batas waktu yang ditentukan oleh pemilik usaha dengan anda sebagai freelancer.

Comments

Popular posts from this blog

Tugas & Tanggung Jawab Admin Sales (Admin Penjualan)

Administrator Sales / Admin Penjualan Pengertian Administrator Sales (Admin Penjualan) Administrator penjualan atau Admin Sales memainkan peran administratif utama dalam mendukung tim penjualan dan memberikan hubungan penting antara wiraniaga dan klien. Tugas admin sales penuh tantangan seperti melaporkan kepada eksekutif penjualan, bekerja di lingkungan yang penuh tantangan dan kompetitif, memproses semua dokumen yang terkait dengan penjualan dan mengatur janji bagi tenaga penjualan untuk mengunjungi pelanggan baru maupun pelanggan lama. Administrator Penjualan menghasilkan prospek klien, meningkatkan jumlah pelanggan, menjawab pertanyaan klien dan menyiapkan dokumentasi penjualan. Sebagian besar waktu mereka dihabiskan untuk mengkomunikasikan dan menangani informasi pelanggan. Source Image: kwik-staff.co.uk Administrator pendukung penjualan memberikan dukungan penting bagi tim penjualan perusahaan. Mereka menangani tugas administratif yang penting, seperti pemrosesan pesanan, dan ber

Pengertian Tugas & Tanggung Jawab Dosen (Lecturer)

Pengertian Dosen Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Img credit by Flickr.com Dosen memiliki tugas mengajar dan membimbing mahasiswa agar yang bersangkutan memiliki kompetensi yang relevan dengan keahliannya dan memiliki tanggung jawab pengembangan ilmu pengetahuan melalui penelitian yang semestinya dilakukan secara terus menerus. Tugas Dosen Menciptakan suasana atau iklim proses pembelajaran yang dapat memotivasi Memiliki tugas yang beragam yang berimplementasi dalam bentuk pengabdian. Tugas tersebut meliputi bidang profesi, bidang kemanusiaan, dan bidang kemasyarakatan. Tugas umum dosen sebagai profesi meliputi mendidik, mengajar dan melatih. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Merencanakan dan melaksanakan pengajaran Melaksanakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat Me

Pengertian Tugas & Tanggung Jawab Translator (Penerjemah)

Translator / Penterjemah Pengertian translator Penterjemah atau translator adalah seseorang atau tim yang bertugas dalam menterjemahkan suatu file, data maupun bahasa kedalam format yang diinginkan klien atau perusahaan dimana dia bekerja. Penerjemah terutama bekerja dengan hal hal bisnis, teknis, hukum dan bahan-bahan tertulis ilmiah termasuk surat-surat, laporan, artikel, buku dll. Pekerjaan mereka menggabungkan: Membaca & menterjemahkan dokumen Menulis dan mengedit salinan Mempersiapkan ringkasan Konsultasi klien Mengembangkan kontak dan menggunakan program komputer terjemahan Beberapa bisnis yang memerlukan jasa penterjemah / Translator Perusahaan penerjemahan Organisasi komersial dan industri Layanan Sipil Badan-badan internasional Banyak penerjemah diri dipekerjakan secara freelance, dibayar per kata sesuai dengan bahasa sehingga pendapatan dapat bergantung pada kecepatan penerjemahan. Perusahaan penerjemahan spesialis dan lembaga biasanya lebih memilih staf yang berpengalama