Skip to main content

Pengertian Tugas & Tanggung Jawab Public Relations / Humas

Hubungan Masyarakat (Humas) / Public Relations
Pengertian Public Relations / Hubungan masyarakat (humas)

Hubungan masyarakat, atau sering disingkat humas adalah praktik mengelola penyebaran informasi antara individu atau organisasi dan masyarakat. Humas dapat mencakup sebuah organisasi atau individu yang mendapatkan eksposur ke khalayak mereka menggunakan topik kepentingan publik dan berita yang tidak memerlukan pembayaran langsung.

Pengertian Tugas & Tanggung Jawab Public Relations / Humas
Image source: Pimajted.org
Tujuan dari hubungan masyarakat oleh perusahaan sering untuk membujuk masyarakat, investor, mitra, karyawan, dan pemangku kepentingan lainnya untuk mempertahankan sudut pandang tertentu tentang hal itu, kepemimpinannya, produk, atau keputusan politik. Kegiatan umum termasuk berbicara di konferensi, memenangkan penghargaan industri, bekerja sama dengan pers, dan komunikasi karyawan.

Profesi sebagai seorang Humas atau public relations bertanggung jawab untuk memberikan informasi, mendidik, meyakinkan, meraih simpati, dan membangkitkan ketertarikan masyarakat akan sesuatu atau membuat masyarakat mengerti dan menerima sebuah situasi. Petugas hubungan masyarakat menggunakan berbagai media untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang baik antara organisasi mempekerjakan dan klien throughplanned kampanye publisitas dan kegiatan PR.
Tugas Utama Humas / Public Relations
  • Melakukan perencanaan strategi tentang publisikasi dan kampanye
  • Menulis dan memproduksi presentasi dan siaran pers
  • Menjawab dan menjelaskan pertanyaan dari masyarakat, pers, dan organisasi terkait
  • Mengorganisir acara promosi seperti konferensi pers, opendays, pameran, wisata dan kunjungan
  • Berbicara secara terbuka di wawancara, konferensi pers dan presentasi
  • Memberikan dan menyediakan data informasi tentang peluang promosi baru dan kampanye PR kepada klien
  • Menganalisis liputan media
  • Komisioning atau melakukan riset pasar yang relevan
  • Sebagai penghubung dengan klien, manajerial dan staf jurnalistik tentang anggaran, rentang waktu dan tujuan
  • Merancang, menulis dan / atau memproduksi presentasi, siaran pers, artikel, leaflet, jurnal, laporan, brosur publisitas, informasi untuk situs web dan video promosi.

Tanggung Jawab Humas / PR
Sebagai sebuah profesi seorang Humas bertanggung jawab untuk memberikan informasi, mendidik, meyakinkan, meraih simpati, dan membangkitkan ketertarikan masyarakat akan sesuatu atau membuat masyarakat mengerti dan menerima sebuah situasi.

Seorang humas selanjutnya diharapkan untuk membuat program-program dalam mengambil tindakan secara sengaja dan terencana dalam upaya-upayanya mempertahankan, menciptakan, dan memelihara pengertian bersama antara organisasi dan masyarakatnya.

Posisi humas merupakan penunjang tercapainya tujuan yang ditetapkan oleh suatu manajemen organisasi. Sasaran humas adalah publik internal dan eksternal, dimana secara operasional humas bertugas membina hubungan harmonis antara organisasi dengan publiknya dan mencegah timbulnya rintangan psikologis yang mungkin terjadi di antara keduanya.
Beberapa lembaga yang menggunakan jasa hubungan masyarakat
  • Iklan atau agen pemasaran
  • Konsultan
  • Organisasi komersial dan industri
  • Perusahaan pribadi
  • Distributor
  • Produsen
  • Badan amal
  • Organisasi pemerintah
Kualifikasi dan pendidikan yang dibutuhkan sebagai petugas Public relations / Humas
Gelar dalam berbagai subjek diterima seperti lulusan bahasa Inggris, manajemen, bisnis atau media penelitian, pemasaran atau ilmu perilaku mungkin disukai oleh beberapa pengusaha. Kualifikasi pascasarjana PR dapat membantu, karena dapat bekerja pengalaman yang diperoleh dalam perdagangan PR, pemasaran, penggalangan dana, promosi acara, atau jurnalisme.

Keahlian dan kemampuan yang harus dimiliki oleh Public relations officer / Petugas Humas
  • Memiliki keterampilan komunikasi yang baik baik lisan maupun tulisan
  • Memiliki keterampilan interpersonal yang sangat baik
  • Berkemampuan IT yang baik
  • Memiliki kemampuan presentasi
  • Memiliki kemambuan sebagai prakarsa
  • Berkemampuan untuk memprioritaskan dan merencanakan secara efektif
  • Memiliki sudut pandang dan kesadaran agenda media yang berbeda
  • Memiliki kreativitas.

Comments

Popular posts from this blog

Tugas & Tanggung Jawab Admin Sales (Admin Penjualan)

Administrator Sales / Admin Penjualan Pengertian Administrator Sales (Admin Penjualan) Administrator penjualan atau Admin Sales memainkan peran administratif utama dalam mendukung tim penjualan dan memberikan hubungan penting antara wiraniaga dan klien. Tugas admin sales penuh tantangan seperti melaporkan kepada eksekutif penjualan, bekerja di lingkungan yang penuh tantangan dan kompetitif, memproses semua dokumen yang terkait dengan penjualan dan mengatur janji bagi tenaga penjualan untuk mengunjungi pelanggan baru maupun pelanggan lama. Administrator Penjualan menghasilkan prospek klien, meningkatkan jumlah pelanggan, menjawab pertanyaan klien dan menyiapkan dokumentasi penjualan. Sebagian besar waktu mereka dihabiskan untuk mengkomunikasikan dan menangani informasi pelanggan. Source Image: kwik-staff.co.uk Administrator pendukung penjualan memberikan dukungan penting bagi tim penjualan perusahaan. Mereka menangani tugas administratif yang penting, seperti pemrosesan pesanan, dan ber

Pengertian Tugas & Tanggung Jawab Dosen (Lecturer)

Pengertian Dosen Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Img credit by Flickr.com Dosen memiliki tugas mengajar dan membimbing mahasiswa agar yang bersangkutan memiliki kompetensi yang relevan dengan keahliannya dan memiliki tanggung jawab pengembangan ilmu pengetahuan melalui penelitian yang semestinya dilakukan secara terus menerus. Tugas Dosen Menciptakan suasana atau iklim proses pembelajaran yang dapat memotivasi Memiliki tugas yang beragam yang berimplementasi dalam bentuk pengabdian. Tugas tersebut meliputi bidang profesi, bidang kemanusiaan, dan bidang kemasyarakatan. Tugas umum dosen sebagai profesi meliputi mendidik, mengajar dan melatih. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Merencanakan dan melaksanakan pengajaran Melaksanakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat Me

Pengertian Tugas & Tanggung Jawab Translator (Penerjemah)

Translator / Penterjemah Pengertian translator Penterjemah atau translator adalah seseorang atau tim yang bertugas dalam menterjemahkan suatu file, data maupun bahasa kedalam format yang diinginkan klien atau perusahaan dimana dia bekerja. Penerjemah terutama bekerja dengan hal hal bisnis, teknis, hukum dan bahan-bahan tertulis ilmiah termasuk surat-surat, laporan, artikel, buku dll. Pekerjaan mereka menggabungkan: Membaca & menterjemahkan dokumen Menulis dan mengedit salinan Mempersiapkan ringkasan Konsultasi klien Mengembangkan kontak dan menggunakan program komputer terjemahan Beberapa bisnis yang memerlukan jasa penterjemah / Translator Perusahaan penerjemahan Organisasi komersial dan industri Layanan Sipil Badan-badan internasional Banyak penerjemah diri dipekerjakan secara freelance, dibayar per kata sesuai dengan bahasa sehingga pendapatan dapat bergantung pada kecepatan penerjemahan. Perusahaan penerjemahan spesialis dan lembaga biasanya lebih memilih staf yang berpengalama