Skip to main content

Pengertian Tugas & Tanggung Jawab Manajer Produksi / Production Manager

Production Manager / Manajer produksi
Pengertian manajer produksi
Manajer produksi seorang yang terlibat perencanaan, koordinasi dan kontrol dari proses manufaktur dan bertanggung jawab memastikan barang dan jasa diproduksi secara efisien, jumlah produksi yang benar & akurat, diproduksi sesuai dengan anggaran biaya yang tepat dan berkualitas sesuai standar perusahaan.

Pengertian Tugas & Tanggung Jawab Manajer Produksi / Production Manager
Image source: Villanovau.com
Ruang lingkup pekerjaan tergantung pada sifat dari sistem produksi. Banyak perusahaan yang terlibat dalam beberapa jenis produksi, menambah kompleksitas peran. Kemungkinan bahwa manajer produksi juga bertanggung jawab untuk sumber daya manusia dan material.

Tugas Manajer Produksi / Production Manager
Tugas pekerjaan manajer produksi meliputi:
  • Melakukan perencanaan dan pengorganisasian jadwal produksi
  • Menilai proyek dan sumber daya persyaratan
  • Memperkirakan, negosiasi dan menyetujui anggaran dan rentang waktu dengan klien dan manajer
  • Menentukan standar kontrol kualitas
  • Mengawasi proses produksi
  • Me re-negosiasi rentang waktu atau jadwal yang diperlukan
  • Melakukan pemilihan, pemesanan dan bahan pembelian
  • Mengorganisir perbaikan dan pemeliharaan rutin peralatan produksi
  • Menjadi penghubung dengan pembeli, pemasaran dan staf penjualan
  • Mengawasi pekerjaan staf junior
Tanggung jawab manajer produksi / Production Manager
  • Mengawasi proses produksi, menyusun jadwal produksi
  • Memastikan anggaran biaya produksi efektif   
  • Memutuskan sumber apa yang diperlukan
  • Menyusun skala waktu untuk pekerjaan
  • Memperkirakan biaya dan menetapkan standar kualitas
  • Memantau proses produksi dan menyesuaikan jadwal yang diperlukan
  • Bertanggung jawab untuk pemilihan dan pemeliharaan peralatan
  • Memantau standar produk dan melaksanakan program kontrol kualitas
  • Bertanggung jawab sebagai penghubung antar departemen yang berbeda, misalnya pemasok, manajer
  • Bekerja dengan manajer untuk melaksanakan kebijakan dan tujuan perusahaan
  • Memastikan bahwa pedoman kesehatan dan keselamatan diikuti
  • Mengawasi dan memotivasi tim pekerja
  • Meninjau kinerja pekerja
  • Mengidentifikasi kebutuhan pelatihan
Kualifikasi pendidikan sebagai Manajer produksi
Gelar dari lulusan akademi, universitas atau sekolah kejuruan yang berpengalaman meliputi
  • Biokimia   
  • Manajemen bisnis;
  • Kimia /teknik kimia
  • Teknik listrik dan elektronik
  • Ilmu pangan/ teknologi pangan
  • Ilmu teknlogi material
  • Teknik Mesin
  • Fisika
  • Proses rekayasa
  • Transportasi / distribusi / logistik
  • Rekayasa desain dan manajemen manufaktur
  • Manajemen produksi pangan
  • Rekayasa manufatur
  • Manufaktur manajemen
Keahlian / keterampilan yang dibutuhkan manager produksi
  • Kemampuan perencanaan dan organisasi keterampilan untuk dapat menjalankan dan memantau proses produksi
  • Kemampuan untuk bertindak tegas dan memecahkan staf atau masalah yang berhubungan dengan peralatan
  • Memiliki kapasitas untuk memahami konsep-konsep dengan mudah
  • Kemampuan ICT untuk menangani berbagai teknologi dan program
  • Ketelitian untuk memastikan tingkat kualitas yang tinggi
  • Kemampuan untuk berkomunikasi dengan jelas dan persuasif dengan tim Anda, manajer dan klien
  • Keterampilan negosiasi yang kuat untuk mendapatkan bahan dalam anggaran dan pada saat yang tepat
  • Kemampuan untuk bekerja di bawah tekanan dan memotivasi orang lain untuk memenuhi tenggat waktu yang ketat
  • Kemampuan untuk bekerja dengan cara yang sistematis logis
Beragam industri yang membutuhkan manajer produksi, termasuk:
  • Industri kedirgantaraan dan pertahanan
  • Manufaktur mobil
  • Teknik Kimia;
  • Perusahaan elektronik dan barang-barang konsumen listrik
  • Industri pengolahan makanan
  • Rrekayasa berat
  • Industri obat-obatan
  • Percetakan
  • Industri tekstil

Comments

Popular posts from this blog

Tugas & Tanggung Jawab Admin Sales (Admin Penjualan)

Administrator Sales / Admin Penjualan Pengertian Administrator Sales (Admin Penjualan) Administrator penjualan atau Admin Sales memainkan peran administratif utama dalam mendukung tim penjualan dan memberikan hubungan penting antara wiraniaga dan klien. Tugas admin sales penuh tantangan seperti melaporkan kepada eksekutif penjualan, bekerja di lingkungan yang penuh tantangan dan kompetitif, memproses semua dokumen yang terkait dengan penjualan dan mengatur janji bagi tenaga penjualan untuk mengunjungi pelanggan baru maupun pelanggan lama. Administrator Penjualan menghasilkan prospek klien, meningkatkan jumlah pelanggan, menjawab pertanyaan klien dan menyiapkan dokumentasi penjualan. Sebagian besar waktu mereka dihabiskan untuk mengkomunikasikan dan menangani informasi pelanggan. Source Image: kwik-staff.co.uk Administrator pendukung penjualan memberikan dukungan penting bagi tim penjualan perusahaan. Mereka menangani tugas administratif yang penting, seperti pemrosesan pesanan, dan ber

Pengertian Tugas & Tanggung Jawab Dosen (Lecturer)

Pengertian Dosen Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Img credit by Flickr.com Dosen memiliki tugas mengajar dan membimbing mahasiswa agar yang bersangkutan memiliki kompetensi yang relevan dengan keahliannya dan memiliki tanggung jawab pengembangan ilmu pengetahuan melalui penelitian yang semestinya dilakukan secara terus menerus. Tugas Dosen Menciptakan suasana atau iklim proses pembelajaran yang dapat memotivasi Memiliki tugas yang beragam yang berimplementasi dalam bentuk pengabdian. Tugas tersebut meliputi bidang profesi, bidang kemanusiaan, dan bidang kemasyarakatan. Tugas umum dosen sebagai profesi meliputi mendidik, mengajar dan melatih. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Merencanakan dan melaksanakan pengajaran Melaksanakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat Me

Pengertian Tugas & Tanggung Jawab Translator (Penerjemah)

Translator / Penterjemah Pengertian translator Penterjemah atau translator adalah seseorang atau tim yang bertugas dalam menterjemahkan suatu file, data maupun bahasa kedalam format yang diinginkan klien atau perusahaan dimana dia bekerja. Penerjemah terutama bekerja dengan hal hal bisnis, teknis, hukum dan bahan-bahan tertulis ilmiah termasuk surat-surat, laporan, artikel, buku dll. Pekerjaan mereka menggabungkan: Membaca & menterjemahkan dokumen Menulis dan mengedit salinan Mempersiapkan ringkasan Konsultasi klien Mengembangkan kontak dan menggunakan program komputer terjemahan Beberapa bisnis yang memerlukan jasa penterjemah / Translator Perusahaan penerjemahan Organisasi komersial dan industri Layanan Sipil Badan-badan internasional Banyak penerjemah diri dipekerjakan secara freelance, dibayar per kata sesuai dengan bahasa sehingga pendapatan dapat bergantung pada kecepatan penerjemahan. Perusahaan penerjemahan spesialis dan lembaga biasanya lebih memilih staf yang berpengalama