Skip to main content

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup / CV (Curicculum Vitae) & Contohnya

Sebagai salah satu lampiran dalam membuat surat lamaran kerja, anda tentunya melampirkan daftar riwayat hidup anda. Daftar riwayat hidup diperlukan sebagai notice atau pemberitahuan daftar riwayat hidup anda secara singkat. Dan biasanya setiap perusahaan secara umum mensyaratkan pelampiran daftar riwayat hidup atau CV sebagai lampiran surat melamar suatu pekerjaan.

Ada aturan atau cara yang baik dalam menyusun daftar riwayat hidup atau curicculum vitae (CV) ini, agar menarik minat staff HRD suatu perusahaan untuk merekrut anda sebagai karyawannya. Selain itu melalui daftar riwayat hidup anda menceritakan secara singkat catatan riwayat hidup anda dalam hal pendidikan dan pengalaman kerja. Jika anda membuat daftar riwayat hidup atau CV dengan baik dan benar maka peluang anda untuk dapat diterima bekerja di suatu perusahaan atau instansi akan semakin terbuka lebar.

Daftar riwayat hidup setidaknya harus jelas, singkat dan dapat memberi petunjuk dengan lengkap walaupun hanya berbentuk ringkasan, setelah kemarin saya share tentang cara membuat surat pengunduran diri atau resign kali ini saya akan memberi contoh bagaimna cara membuat daftar riwayat hidup atau curricculum vitae (CV). Berikut contoh daftar riwayat hidup atau curicculum vitae yang baik dan benar:

Contoh daftar Riwayat Hidup (CV)

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

DATA PRIBADI


 Pas Photo (4x6)
Nama                                : Natasha Caroline Rahardja
Tempat, Tanggal Lahir      : Sidney, 20 Juli 1987
Jenis Kelamin                   : Perempuan
Agama                              : Kristen Protestan
Kewarganegaraan            : Indonesia
Alamat                              : Indah Permai Regency Jln.Nitikan no 13                                                 Yogyakarta, 57767
Telephon                          : 0274 6523987 (Rumah)
                                           0812 222 5555 (HP)


LATAR PENDIDIKAN

Formal
1992-1998            : Prince Edward Elementary School, Sidney
1998 – 2001         : Louis Santana Junior High School
2001 – 2004         : SMA Kanisius, Yogyakarta
2004 – 2009         : Fakultas Akuntansi UGM, Yogyakarta
2009-2011            : Program Magister Akuntansi UGM, Yogyakarta

Non Formal
2001 – 2002         : Kursus Ilmu dan Tata Bahasa Indonesia, Yogyakarta
2005 – 2006         : Kursus Bahasa Jerman LIPBA Yogyakarta
Sertifikat
2002                     : Indonesian Gramar LIB
2006                     : GGL LIPBA
2008                     : Junior Master of Accountan Sidney Press
2009                     : Senior Master of Accountan Phillips Morris
2011                     : GMA Freeport

KEMAMPUAN

  • Kemampuan Akuntansi (Accounting) dan Administrasi. Journal printing & Calculation, Ledger, Salary Calculation, Project Data Updating, Teller, Petty Cash Payroll & Calculation, Inventory Controls)
  • Kemampuan Komputer (MS Word, MS Excel, MS PowerPoint, MS Access, Photoshop, Corel draw,Autocad, web-developer, MysQl, PHP, HTML,  Xampp, PDF, calculation accountan offline online, MS Outlook dan Internet)
  • Memahami Sistem Perpajakan Nasional dan Internasional

PENGALAMAN PEKERJAAN

Manager Akuntansi Astra Internasional Yogyakarta

Kerja                    : PT. Astra Internasional, Yogyakarta
Periode                : April 2011 – June 2013
Status                  : Karyawan tetap
Posisi                   : Kepala Adminsitrasi

Rincian Pekerjaan
  • Mengupdate data konsumen dari semua divisi pemasaranMengatur dan bertanggung jawab atas semua administrasi perusahaan
  • Memimpin semua divisi administrasi di wilayah Yogyakarta


Bekerja di PT. Chevron,  Jakarta

Periode                : Juli  2013 – Mei 2014
Status                  : Karyawan Tetap
Posisi                  : Finance Manager

Rincian pekerjaan
  • Melakukan dan bertanggung jawab atas semua surat-menyurat  bisnis
  • Menganalisa, bertanggung jawab menerbitkan dan menerima faktur
  • Mengelola dan bertanggung jawab atas divisi administrasi perusahaan
  • Bertanggung jawab mengontrol semua persediaan peralatan perusahaan bidang administrasi
  • Mengatur dan bertanggung jawab memimipin divisi penggajian (payroll)


Demikian riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya.

Yogyakarta, 10 Juni 2015

                    
Natasha Caroline Rahardja

Nah diatas adalah tentang cara membuat daftar riwayat hidup yang baik dan lengkap, semoga bermanfaat dan jika ada saran, masukan maupun tambahan silahkan berkomentar di kolom komentar yang telah disediakan. Terima kasih.

Comments

Popular posts from this blog

Tugas & Tanggung Jawab Admin Sales (Admin Penjualan)

Administrator Sales / Admin Penjualan Pengertian Administrator Sales (Admin Penjualan) Administrator penjualan atau Admin Sales memainkan peran administratif utama dalam mendukung tim penjualan dan memberikan hubungan penting antara wiraniaga dan klien. Tugas admin sales penuh tantangan seperti melaporkan kepada eksekutif penjualan, bekerja di lingkungan yang penuh tantangan dan kompetitif, memproses semua dokumen yang terkait dengan penjualan dan mengatur janji bagi tenaga penjualan untuk mengunjungi pelanggan baru maupun pelanggan lama. Administrator Penjualan menghasilkan prospek klien, meningkatkan jumlah pelanggan, menjawab pertanyaan klien dan menyiapkan dokumentasi penjualan. Sebagian besar waktu mereka dihabiskan untuk mengkomunikasikan dan menangani informasi pelanggan. Source Image: kwik-staff.co.uk Administrator pendukung penjualan memberikan dukungan penting bagi tim penjualan perusahaan. Mereka menangani tugas administratif yang penting, seperti pemrosesan pesanan, dan ber

Pengertian Tugas & Tanggung Jawab Dosen (Lecturer)

Pengertian Dosen Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Img credit by Flickr.com Dosen memiliki tugas mengajar dan membimbing mahasiswa agar yang bersangkutan memiliki kompetensi yang relevan dengan keahliannya dan memiliki tanggung jawab pengembangan ilmu pengetahuan melalui penelitian yang semestinya dilakukan secara terus menerus. Tugas Dosen Menciptakan suasana atau iklim proses pembelajaran yang dapat memotivasi Memiliki tugas yang beragam yang berimplementasi dalam bentuk pengabdian. Tugas tersebut meliputi bidang profesi, bidang kemanusiaan, dan bidang kemasyarakatan. Tugas umum dosen sebagai profesi meliputi mendidik, mengajar dan melatih. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Merencanakan dan melaksanakan pengajaran Melaksanakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat Me

Pengertian Tugas & Tanggung Jawab Translator (Penerjemah)

Translator / Penterjemah Pengertian translator Penterjemah atau translator adalah seseorang atau tim yang bertugas dalam menterjemahkan suatu file, data maupun bahasa kedalam format yang diinginkan klien atau perusahaan dimana dia bekerja. Penerjemah terutama bekerja dengan hal hal bisnis, teknis, hukum dan bahan-bahan tertulis ilmiah termasuk surat-surat, laporan, artikel, buku dll. Pekerjaan mereka menggabungkan: Membaca & menterjemahkan dokumen Menulis dan mengedit salinan Mempersiapkan ringkasan Konsultasi klien Mengembangkan kontak dan menggunakan program komputer terjemahan Beberapa bisnis yang memerlukan jasa penterjemah / Translator Perusahaan penerjemahan Organisasi komersial dan industri Layanan Sipil Badan-badan internasional Banyak penerjemah diri dipekerjakan secara freelance, dibayar per kata sesuai dengan bahasa sehingga pendapatan dapat bergantung pada kecepatan penerjemahan. Perusahaan penerjemahan spesialis dan lembaga biasanya lebih memilih staf yang berpengalama