Skip to main content

Pengertian Tugas & Tanggung Jawab Teller Bank

Pengertian Teller Bank
Seorang teller bank adalah karyawan sebuah bank yang berhubungan langsung dengan sebagian besar pelanggan. Di beberapa tempat, karyawan ini dikenal sebagai kasir atau perwakilan pelanggan. Pekerjaan teller membutuhkan pengalaman yang erkaitan dengan penanganan uang tunai. Sebagian besar bank memberikan pelatihan on-the-job untuk pelatihan menjadi seorang teller ini. Teller dianggap sebagai "garis depan" dalam bisnis perbankan karena mereka adalah orang-orang pertama yang berkaitan langsung dengan pelanggan bank.

Pengertian Tugas & Tanggung Jawab Teller Bank

Tugas seorang Teller bank

  • Melayani penarikan, transfer dan penyetoran uang dari pelanggan.
  • Melakukan pemeriksaan kas dan menghitung transaksi harian menggunakan komputer, kalkulator, atau mesin penghitung.
  • Pemeriksaan Kas dan membayarkan penarikan uang pelanggan setelah memverifikasi data, jumlah uang dan memastikan akun pelanggan memiliki dana yang cukup untuk penarikan.
  • Menerima cek dan uang tunai untuk deposit, memverifikasi jumlah, dan periksa keakuratan slip setoran.
  • Periksa cek untuk dukungan dan untuk memverifikasi informasi lain seperti tanggal, nama Bank, identifikasi orang yang menerima pembayaran dan legalitas dokumen.
  • Memasukkan transaksi nasabah ke dalam komputer untuk mencatat transaksi dan mengeluarkan tanda terima yang dihasilkan komputer.
  • Membantu dan melayani pelanggan terkait transaksi keuangan
  • Mengidentifikasi kesalahan transaksi ketika debit dan kredit tidak seimbang.
  • Menyiapkan dan memverifikasi cek kasir.
  • Mengatur uang yang diterima dalam kotak kas dan dispenser koin menurut denominasi.
  • Memproses transaksi seperti deposito, kontribusi rencana tabungan pensiun, transaksi teller otomatis, dan deposit email.
  • Menerima hipotek, pinjaman, atau pembayaran tagihan utilitas publik, verifikasi tanggal pembayaran dan hutang.
  • Menyelesaikan masalah atau perbedaan mengenai rekening nasabah.
  • Menjelaskan, mempromosikan, atau menjual produk atau jasa seperti cek perjalanan, obligasi tabungan, wesel, dan cek kasir, menggunakan informasi terkomputerisasi tentang pelanggan untuk menyesuaikan rekomendasi.
  • Melakukan tugas-tugas administrasi seperti mengetik, pengarsipan, dan fotografi mikrofilm.
  • Memantau brankas bank untuk memastikan saldo kas yang benar.
  • Memesan pasokan uang tunai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
  • Menerima dan menghitung persediaan harian kas, draft, dan cek perjalanan.
  • Memproses dan memelihara catatan kredit pelanggan.
  • Menghitung, memverifikasi.
  • Melaksanakan layanan khusus bagi pelanggan, seperti memesan kartu bank dan cek.
  • Mendapatkan dan memproses informasi yang diperlukan untuk penyediaan jasa, seperti pembukaan rekening baru, rencana tabungan, dan obligasi pembelian.
  • Menginformasikan pelanggan tentang peraturan mata uang asing, dan menghitung biaya transaksi untuk pertukaran mata uang.
  • Mempersiapkan jadwal kerja untuk staf.

Tanggung jawab teller Bank

Menjadi staf lini paling depan yang berkaian dengan pelanggan langsung, mereka yang paling mungkin untuk mendeteksi dan menghentikan transaksi penipuan untuk mencegah kerugian di bank (uang palsu dan cek, pencurian identitas, trik kepercayaan diri, dll). Posisi ini juga mengharuskan teller untuk menjadi ramah dan berinteraksi dengan pelanggan, menyediakan mereka dengan informasi tentang rekening nasabah dan jasa bank. Teller biasanya bekerja dari sebuah ruangan khusus bagi staf teller, biasanya terletak pada Jalur Teller. Sebagian besar stasiun memiliki sistem teller, yang meliputi laci kas, penerimaan validator / printer, penyortir kerja bukti, dan dokumen yang digunakan untuk menyelesaikan transaksi bank. Transaksi ini meliputi tanggung jawab oleh staf teller diantaranya adalah:

  • Pemeriksaan cashing, penyetoran, transfer, transfer kawat
  • Bertanggung jawab dalam melayani rekening tabungan, penarikan
  • Mengeluarkan item dinegosiasikan (cek kasir, cek perjalanan, wesel, rancangan penerbitan federal, dll)
  • Pengumpulan pembayaran
  • Mempromosikan produk lembaga keuangan itu (pinjaman, hipotik, dll)
  • Memberi arahan bisnis (kepercayaan, asuransi, pinjaman, dll)
  • Bertanggung jawab terhadap aliran uang tunai
  • Penebusan obligasi tabungan.
  • Menyelesaikan masalah pelanggan
  • Menyeimbangkan kubah, laci kas, ATM, dan Taus
  • Batching dan Pengolahan Bukti Kerja (On-Us / Not-On-Us Cek, Kupon Pembayaran, Counter Slips, dll)
  • Mungkin termasuk pemesanan produk untuk pelanggan (cek, slip setoran, dll)
  • Berkomunikasi dengan Supervisor, Peers, atau Bawahan - Memberikan informasi kepada supervisor, rekan kerja, dan bawahan melalui telepon, dalam bentuk tertulis, e-mail, atau secara langsung.
  • Membangun dan Mempertahankan Hubungan Interpersonal - Mengembangkan hubungan kerja yang konstruktif dan kooperatif dengan orang lain, dan menjaga mereka dari waktu ke waktu.
  • Melakukan untuk atau Bekerja Langsung dengan Umum - Pertunjukan untuk orang-orang atau berhadapan langsung dengan masyarakat. Ini termasuk melayani pelanggan di restoran dan toko-toko, dan menerima klien atau tamu.
  • Berinteraksi Dengan Komputer - Menggunakan komputer dan sistem komputer (termasuk hardware dan software) program, menulis perangkat lunak, mengatur fungsi, memasukkan data, atau informasi proses.
  • Mendokumentasikan / Rekaman Informasi - Memasukkan, transkrip, rekaman, menyimpan, atau mempertahankan informasi dalam bentuk tertulis atau elektronik / magnetik.
  • Mengevaluasi Informasi untuk Menentukan Kepatuhan dengan Standar - Menggunakan informasi yang relevan dan penilaian individu untuk menentukan apakah peristiwa atau proses mematuhi undang-undang, peraturan, atau standar.
  • Mendapatkan Informasi - Mengamati, menerima, dan sebaliknya memperoleh informasi dari semua sumber yang relevan.
  • Membuat Keputusan dan Pemecahan Masalah - Menganalisis informasi dan mengevaluasi hasil untuk memilih solusi terbaik dan memecahkan masalah.
  • Informasi Pengolahan - Kompilasi, coding, kategorisasi, menghitung, tabulasi, audit, atau memverifikasi informasi atau data.
  • Berkomunikasi dengan Orang Luar Organisasi - Berkomunikasi dengan orang-orang di luar organisasi, yang mewakili organisasi untuk pelanggan, masyarakat, pemerintah, dan sumber-sumber eksternal lainnya. Informasi ini dapat ditukar langsung, secara tertulis, atau melalui telepon atau e-mail.
  • Memperbarui dan Menggunakan Pengetahuan yang relevan - Menjaga up-to-date teknis dan menerapkan pengetahuan baru untuk pekerjaan Anda.
  • Menafsirkan Arti Informasi untuk Lainnya - Menerjemahkan atau menjelaskan informasi apa artinya dan bagaimana hal itu dapat digunakan.
  • Mengidentifikasi Objects, Actions, dan Events - Mengidentifikasi informasi dengan mengelompokkan, memperkirakan, mengakui perbedaan atau persamaan, dan mendeteksi perubahan keadaan atau kejadian.
  • Pengorganisasian, Perencanaan, dan Memprioritaskan Kerja - Mengembangkan tujuan dan rencana untuk memprioritaskan, mengatur, dan menyelesaikan pekerjaan Anda yang spesifik.
  • Menganalisis data atau informasi - Mengidentifikasi mendasari prinsip, alasan, atau fakta dari informasi dengan mogok informasi atau data menjadi bagian-bagian yang terpisah.
  • Menyelesaikan Konflik dan Negosiasi dengan Lainnya - Penanganan keluhan, menyelesaikan sengketa, dan mengatasi keluhan-keluhan dan konflik, atau bernegosiasi dengan orang lain.
  • Menilai Kualitas Hal, Jasa, atau Orang - Menilai nilai, kepentingan, atau kualitas dari hal-hal atau orang-orang.
  • Memantau Proses, Bahan, atau Sekeliling - Pemantauan dan meninjau informasi dari bahan, peristiwa, atau lingkungan, untuk mendeteksi atau menilai masalah.
  • Jual atau Mempengaruhi Lainnya - Meyakinkan orang lain untuk membeli barang dagangan / barang atau sebaliknya mengubah pikiran atau tindakan mereka.
  • Mengembangkan dan Tim Building - Mendorong dan membangun saling percaya, menghormati, dan kerja sama di antara anggota tim.
  • Membantu dan Merawat Lainnya - Memberikan bantuan pribadi, perhatian medis, dukungan emosional, atau perawatan pribadi lainnya kepada orang lain seperti rekan kerja, pelanggan.


Kemampuan dan Keahlian yang Dibutuhkan Teller Bank

  • Pemahaman Oral - Kemampuan untuk mendengarkan dan memahami informasi dan ide-ide yang disajikan melalui kata-kata yang diucapkan dan kalimat.
  • Ekspresi Lisan - Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide-ide dalam berbicara sehingga orang lain akan mengerti.
  • Masalah Sensitivitas - Kemampuan untuk memberitahu ketika sesuatu yang salah atau mungkin salah. Tidak melibatkan pemecahan masalah, hanya mengakui ada masalah.
  • Informasi Pemesanan - Kemampuan untuk mengatur hal-hal atau tindakan dalam urutan tertentu atau pola sesuai dengan aturan tertentu atau set aturan (misalnya, pola angka, huruf, kata, gambar, operasi matematika).
  • Nomor Fasilitas - Kemampuan untuk menambahkan, mengurangi, mengalikan, atau membagi dengan cepat dan benar.
  • Pidato Kejelasan - Kemampuan untuk berbicara dengan jelas sehingga orang lain bisa mengerti Anda.
  • Dekat Visi - Kemampuan untuk melihat rincian jarak dekat (dalam beberapa kaki dari pengamat).
  • Speech Recognition - Kemampuan untuk mengidentifikasi dan mengerti pembicaraan orang lain.
  • Penalaran Matematika - Kemampuan untuk memilih metode matematika benar atau formula untuk memecahkan masalah.
  • Perceptual Kecepatan - Kemampuan untuk dengan cepat dan akurat membandingkan persamaan dan perbedaan antara set huruf, angka, benda, gambar, atau pola. Hal-hal yang harus dibandingkan dapat disajikan pada saat yang sama atau satu demi satu. Kemampuan ini juga termasuk membandingkan objek disajikan dengan benda ingat.
  • Pemahaman Ditulis - Kemampuan membaca dan memahami informasi dan ide-ide yang disajikan secara tertulis.
  • Penalaran Deduktif - Kemampuan untuk menerapkan aturan umum untuk masalah tertentu untuk menghasilkan jawaban yang masuk akal.
  • Inductive Penalaran - Kemampuan untuk menggabungkan potongan-potongan informasi untuk membentuk aturan umum atau kesimpulan (termasuk menemukan hubungan antara peristiwa yang tampaknya tidak berhubungan).
  • Perhatian Selektif - Kemampuan untuk berkonsentrasi pada tugas selama periode waktu tanpa terganggu.
  • Ekspresi Ditulis - Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide-ide dalam menulis sehingga orang lain akan mengerti.
  • Kategori Fleksibilitas - Kemampuan untuk menghasilkan atau menggunakan perangkat peraturan yang berbeda untuk menggabungkan atau mengelompokkan hal-hal dalam cara yang berbeda.
  • Matematika - Menggunakan matematika untuk memecahkan masalah.
  • Mendengarkan Aktif - Memberikan perhatian penuh pada apa yang orang lain katakan, mengambil waktu untuk memahami poin yang dibuat, mengajukan pertanyaan yang sesuai, dan tidak mengganggu pada waktu yang tidak.
  • Layanan Orientasi - Secara aktif mencari cara untuk membantu orang.
  • Sosial Perceptiveness - Menyadari reaksi orang lain dan memahami mengapa mereka bereaksi seperti yang mereka lakukan.
  • Pemahaman Membaca - Memahami ditulis kalimat dan paragraf dalam dokumen kerja terkait.
  • Berbicara - Berbicara kepada orang lain untuk menyampaikan informasi secara efektif.
  • Pembelajaran Aktif - Memahami implikasi dari informasi baru untuk kedua saat ini dan masa depan pemecahan masalah dan pengambilan keputusan.
  • Manajemen Waktu - Mengelola waktu sendiri dan waktu orang lain.
  • Monitoring - Pemantauan / Menilai kinerja diri sendiri, orang lain, atau organisasi untuk melakukan perbaikan atau mengambil tindakan korektif.
  • Berpikir Kritis - Menggunakan logika dan penalaran untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan atau pendekatan untuk masalah.
  • Menulis - Berkomunikasi secara efektif dalam menulis yang sesuai untuk kebutuhan penonton.
  • Strategi Belajar - Memilih dan menggunakan pelatihan / metode pembelajaran dan prosedur yang tepat untuk situasi ketika belajar atau mengajar hal-hal baru.
  • Menginstruksikan - Mengajar orang lain bagaimana melakukan sesuatu.
  • Pelanggan dan Layanan Personal - Pengetahuan tentang prinsip-prinsip dan proses untuk menyediakan pelanggan dan layanan pribadi. Ini termasuk penilaian kebutuhan pelanggan, standar kualitas pertemuan untuk layanan, dan evaluasi kepuasan pelanggan.
  • Bahasa Inggris - Pengetahuan tentang struktur dan isi dari bahasa Inggris termasuk arti dan ejaan kata-kata, aturan komposisi, dan tata bahasa.
  • Matematika - Pengetahuan tentang aritmatika, aljabar, geometri, kalkulus, statistik, dan aplikasi mereka.

Comments

Popular posts from this blog

Tugas & Tanggung Jawab Admin Sales (Admin Penjualan)

Administrator Sales / Admin Penjualan Pengertian Administrator Sales (Admin Penjualan) Administrator penjualan atau Admin Sales memainkan peran administratif utama dalam mendukung tim penjualan dan memberikan hubungan penting antara wiraniaga dan klien. Tugas admin sales penuh tantangan seperti melaporkan kepada eksekutif penjualan, bekerja di lingkungan yang penuh tantangan dan kompetitif, memproses semua dokumen yang terkait dengan penjualan dan mengatur janji bagi tenaga penjualan untuk mengunjungi pelanggan baru maupun pelanggan lama. Administrator Penjualan menghasilkan prospek klien, meningkatkan jumlah pelanggan, menjawab pertanyaan klien dan menyiapkan dokumentasi penjualan. Sebagian besar waktu mereka dihabiskan untuk mengkomunikasikan dan menangani informasi pelanggan. Source Image: kwik-staff.co.uk Administrator pendukung penjualan memberikan dukungan penting bagi tim penjualan perusahaan. Mereka menangani tugas administratif yang penting, seperti pemrosesan pesanan, dan ber

Pengertian Tugas & Tanggung Jawab Dosen (Lecturer)

Pengertian Dosen Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Img credit by Flickr.com Dosen memiliki tugas mengajar dan membimbing mahasiswa agar yang bersangkutan memiliki kompetensi yang relevan dengan keahliannya dan memiliki tanggung jawab pengembangan ilmu pengetahuan melalui penelitian yang semestinya dilakukan secara terus menerus. Tugas Dosen Menciptakan suasana atau iklim proses pembelajaran yang dapat memotivasi Memiliki tugas yang beragam yang berimplementasi dalam bentuk pengabdian. Tugas tersebut meliputi bidang profesi, bidang kemanusiaan, dan bidang kemasyarakatan. Tugas umum dosen sebagai profesi meliputi mendidik, mengajar dan melatih. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Merencanakan dan melaksanakan pengajaran Melaksanakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat Me

Pengertian Tugas & Tanggung Jawab Translator (Penerjemah)

Translator / Penterjemah Pengertian translator Penterjemah atau translator adalah seseorang atau tim yang bertugas dalam menterjemahkan suatu file, data maupun bahasa kedalam format yang diinginkan klien atau perusahaan dimana dia bekerja. Penerjemah terutama bekerja dengan hal hal bisnis, teknis, hukum dan bahan-bahan tertulis ilmiah termasuk surat-surat, laporan, artikel, buku dll. Pekerjaan mereka menggabungkan: Membaca & menterjemahkan dokumen Menulis dan mengedit salinan Mempersiapkan ringkasan Konsultasi klien Mengembangkan kontak dan menggunakan program komputer terjemahan Beberapa bisnis yang memerlukan jasa penterjemah / Translator Perusahaan penerjemahan Organisasi komersial dan industri Layanan Sipil Badan-badan internasional Banyak penerjemah diri dipekerjakan secara freelance, dibayar per kata sesuai dengan bahasa sehingga pendapatan dapat bergantung pada kecepatan penerjemahan. Perusahaan penerjemahan spesialis dan lembaga biasanya lebih memilih staf yang berpengalama