Skip to main content

Membuat Surat Lamaran Kerja Baik & Benar Beserta Contohnya

Salah satu syarat untuk mendaftar atau melamar pekerjaan adalah dengan mengirimkan surat lamaran kerja (jobs application letter). Surat lamaran kerja berfungsi menyampaikan pesan atau maksud anda untuk melamar suatu posisi pekerjaan di instansi atau perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja. nah agar maksud anda untuk melamar pekerjaan dapat tersampaikan dengan baik maka anda setidaknya harus mengerti tentang tata cara membuat surat lamaran kerja dengan baik dan benar.

Surat lamaran kerja yang baik dan benar harus memperhatikan struktur surat yang baik juga, berikut adalah strukur surat lamaran kerja atau jobs application letter yang baik dan benar:

  • Tempat dan tanggal penulisan surat
  • Kepada siapa surat tersebut ditujukan disertai alamat yang jelas
  • Salam pembuka (salam hormat)
  • Kata pengantar
  • Data pribadi / biodata pribadi yang singkat dan jelas
  • Lampiran skill dan lampiran file / ijasah
  • Harapan anda
  • Penutup
  • Tanda tangan

Surat kerja merupakan salah satu surat resmi yang ditujukan kepada instansi atau perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja, sehingga dalam pembuatannya harus diperhatikan sebagai berikut:

  • Penulisan surat lamaran kerja tidak bertele tele, singkat, padat dan jelas
  • Surat lamaran kerja merupakan surat resmi sehingga harus menggunakan bahasa yang baik dan benar.
  • Memperhatikan penulisan, tanda baca dan tata bahasa yang baik.
  • Ditulis tangan
  • Penulisan data / biodata pribadi yang baik dan sebenar-benarnya.
  • Melampirkan foto kopi ijasah, serifikat, file atau data yang dibutuhkan perusahaan.

Setelah anda mengetahui struktur dan cara penulisan surat lamaran kerja, maka kali ini saya juga akan memberikan sedikit contoh tentang surat lamaran kerja yang baik dan benar. Semoga contoh surat lamaran kerja ini bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin membuat surat lamaran kerja:

Contoh 1 surat lamaran kerja

Yogyakarta 15 Maret 2016
Kepada Yth : Staff HRD PT Jobsinfopedia
Jln. Gejayan No 25 Yogyakarta

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi dari (sumber media masa, elektronik atau media cetak sebagai contoh) situs Jobs Info Pedia tertanggal 10 Maret 2016 perihal lowongan pekerjaan di Perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Melalui surat lamaran pekerjaan ini saya mengajukan diri untuk melamar pekerjaan sesuai dengan posisi jabatan yang dibutuhkan saat ini di Perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                        : Nina Mega Setyaningrum
TTL                          : Yogyakarta 20 Juli 1993
Jenis Kelamin           : Perempuan
Pendidikan Terakhir : Fakultas Nutrisi Universitas Gajah Mada Yogyakarta
Alamat                      : Jln Nitikan No 07 Yogyakarta
Telepon                     : 0857 5577 1918

Sebagai bahan pertimbangan Bapak / Ibu dan untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan Bapak /Ibu pimpinan, saya lampirkan kelengkapan data diri sebagai berikut ini:

Foto Copy KTP
Daftar Riwayat Hidup
Foto Copy Ijazah terakhir
Foto Copy Sertifikat Seminar & Pelatihan
Foto Copy Sertifikat Kompetensi
Pas Photo 2x3 @4 4x6 @4

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya, besar harapan saya untuk dapat bekerja di perusahaan yang Bapak /Ibu pimpin. Atasa perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya, 

Nina. MS

Contoh 2 Surat Lamaran Kerja

Yogyakarta 15 Maret 2016
Kepada Yth : Staff HRD PT Jobsinfopedia
Jln. Gejayan No 25 Yogyakarta

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                        : Nina Mega Setyaningrum
TTL                           : Yogyakarta 20 Juli 1993
Jenis Kelamin           : Perempuan
Pendidikan Terakhir : Fakultas Nutrisi Universitas Gajah Mada Yogyakarta
Alamat                      : Jln Nitikan No 07 Yogyakarta
Telepon                     : 0857 5577 1918

Dengan surat lamaran kerja ini saya ingin mengajukan lamaran kerja di perusahaan yang Bapak /ibu pimpin sebagai Asisten Manajer Keuangan. Sesuai dengan pengalaman kerja saya sebagai staff keuangan di salah satu perusahaan terkemuka di Semarang, saya siap memberikan dedikasi dan kompetensi baik waktu dan tenaga saya di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Sangat besar harapan saya untuk dapat kesempatan wawancara kerja serta tes lainnya. Bersama surat lamaran kerja ini saya lampirkan juga kelengkapan data diri untuk dijadikan bahan bpertimbangan.

Foto Copy KTP
Daftar Riwayat Hidup
Foto Copy Ijazah terakhir
Foto Copy Transkip Nilai
Surat pengalaman kerja
Foto Copy Sertifikat Seminar & Pelatihan
Foto Copy Sertifikat Kompetensi
Pas Photo 2x3 @4 4x6 @4

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya, dan atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya, 

Nina. MS

Comments

Popular posts from this blog

Tugas & Tanggung Jawab Admin Sales (Admin Penjualan)

Administrator Sales / Admin Penjualan Pengertian Administrator Sales (Admin Penjualan) Administrator penjualan atau Admin Sales memainkan peran administratif utama dalam mendukung tim penjualan dan memberikan hubungan penting antara wiraniaga dan klien. Tugas admin sales penuh tantangan seperti melaporkan kepada eksekutif penjualan, bekerja di lingkungan yang penuh tantangan dan kompetitif, memproses semua dokumen yang terkait dengan penjualan dan mengatur janji bagi tenaga penjualan untuk mengunjungi pelanggan baru maupun pelanggan lama. Administrator Penjualan menghasilkan prospek klien, meningkatkan jumlah pelanggan, menjawab pertanyaan klien dan menyiapkan dokumentasi penjualan. Sebagian besar waktu mereka dihabiskan untuk mengkomunikasikan dan menangani informasi pelanggan. Source Image: kwik-staff.co.uk Administrator pendukung penjualan memberikan dukungan penting bagi tim penjualan perusahaan. Mereka menangani tugas administratif yang penting, seperti pemrosesan pesanan, dan ber

Pengertian Tugas & Tanggung Jawab Dosen (Lecturer)

Pengertian Dosen Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Img credit by Flickr.com Dosen memiliki tugas mengajar dan membimbing mahasiswa agar yang bersangkutan memiliki kompetensi yang relevan dengan keahliannya dan memiliki tanggung jawab pengembangan ilmu pengetahuan melalui penelitian yang semestinya dilakukan secara terus menerus. Tugas Dosen Menciptakan suasana atau iklim proses pembelajaran yang dapat memotivasi Memiliki tugas yang beragam yang berimplementasi dalam bentuk pengabdian. Tugas tersebut meliputi bidang profesi, bidang kemanusiaan, dan bidang kemasyarakatan. Tugas umum dosen sebagai profesi meliputi mendidik, mengajar dan melatih. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Merencanakan dan melaksanakan pengajaran Melaksanakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat Me

Pengertian Tugas & Tanggung Jawab Translator (Penerjemah)

Translator / Penterjemah Pengertian translator Penterjemah atau translator adalah seseorang atau tim yang bertugas dalam menterjemahkan suatu file, data maupun bahasa kedalam format yang diinginkan klien atau perusahaan dimana dia bekerja. Penerjemah terutama bekerja dengan hal hal bisnis, teknis, hukum dan bahan-bahan tertulis ilmiah termasuk surat-surat, laporan, artikel, buku dll. Pekerjaan mereka menggabungkan: Membaca & menterjemahkan dokumen Menulis dan mengedit salinan Mempersiapkan ringkasan Konsultasi klien Mengembangkan kontak dan menggunakan program komputer terjemahan Beberapa bisnis yang memerlukan jasa penterjemah / Translator Perusahaan penerjemahan Organisasi komersial dan industri Layanan Sipil Badan-badan internasional Banyak penerjemah diri dipekerjakan secara freelance, dibayar per kata sesuai dengan bahasa sehingga pendapatan dapat bergantung pada kecepatan penerjemahan. Perusahaan penerjemahan spesialis dan lembaga biasanya lebih memilih staf yang berpengalama