Skip to main content

7 Tips Terbaik Menghadapi Wawancara Kerja

Salah satu hal yang membuat berdebar debar bagi para pencari kerja adalah ketika mereka dipanggil untuk sesi wawancara kerja. Saat diwawancarai terkadang gugup dan grogi merupakan hal yang wajar dan terkadang tidak mengetahui jawaban dari pertanyaan yang diajukan. Secara umum sesi wawancara kerja digunakan oleh perusahaan untuk menilai seberapa layak kemampuan pencari kerja untuk menerima pekerjaan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Jadi pastikan anda menggunakan sesi wawancara kerja sebaik mungkin sehingga peluang anda untuk mendapatkan pekerjaan atau posisi yang ditawarkan semakin berpeluang besar.

7 Tips Terbaik Menghadapi Wawancara Kerja

Bila sebelumnya Anda telah berhasil mengirim surat lamaran kerja, resume atau Cv, dan aplikasi pekerjaan lain yang dibutuhkan dan menerima permintaan untuk wawancara, saatnya untuk memahami bagaimana melakukan wawancara kerja sehingga Anda semakin dekat dengan tujuan Anda memperoleh satu atau lebih tawaran pekerjaan. nah berikut adalah 10 tips terbaik menghadapi wawancara kerja:

Melakukan Penelitian, pengamatan, dan info perusahaan yang anda lamar

Sukses dalam wawancara kerja dimulai dengan dasar yang kuat dari pengetahuan tentang perusahaan yang ingin anda lamar. Anda harus memahami segala hal terkait perusahaan, persyaratan pekerjaan, dan latar belakang perusahaan yang akan mempekerjakan anda sebagai karyawannya. Mengetahui seluk beluk perusahaan akan membuata anda semakin baik dalam menjawab pertanyaan wawancara (serta mengajukan pertanyaan mendalam ). Anda dapat melihat atau menari informasi seputar pekerjaan dan perusahaan terkait meliputi Website perusahaan, orang yang anda kenal diperusahaan tersebut dll.

Mempelajari pertanyaan Wawancara Umum Pertanyaan dan Siapkan Tanggapan.

Kunci lain untuk wawancara sukses adalah mempersiapkan tanggapan terhadap pertanyaan dari pewawancara. Pelajari dengan detail kemungkinan pertanyaan yang diajukan dan jika pertanyaan lain muncul diluar dugaan anda jawablah dengan rasa kepercayaan diri, hindari berbohong dan kembangkan jawaban anda.

Berpenampilan serapi mungkin dan bersikap sebaik mungkin

Anda pertama kali akan dinilai dari cara anda berpakaian dan bagaimana anda bersikap. Selalu usahakan memakai baju yang pantas, baik dan terlihat profesional. Pakaian yang baik tidak harus baru, mahal atau mengikuti mode terkini. Berpakaian yang baik adalah mengenakan pakaian yang sopan, rapi dan terlihat profesional. Selain berpakaian yang baik anda juga harus menunukkan sikap yang baik seperti jangan masuk sebelum dipanggil, mengetuk pintu sebelum anda masuk, memberikan salam dan jangan duduk sebelum dipersilahkan duduk. Cara berpakaian dan bersikap anda akan menjadi penilaian tersendiri bagi staf perusahaan yang mewawancarai anda.

Tiba lebih awal

Tidak ada alasan untuk pernah datang terlambat untuk wawancara. Berusaha untuk tiba sekitar 30 menit atau paling lambat 15 menit sebelum wawancara dimulai, tiba lebih awal memberikan anda waktu untuk mempersiapkan diri anda atau dokumen tambahan lain yang diperlukan. Tiba sedikit lebih awal juga merupakan kesempatan untuk mengamati dinamika tempat kerja. Sehari sebelum wawancara, siapkan dirumah hal hal atau dokumen lain yang mungkin diperlukan seperti resume atau CV dan daftar referensi. Jika Anda memiliki portofolio atau sampel dari pekerjaan Anda, hal itu akan menjadi nilai plus. Jangan lupakan juga pena dan kertas untuk menuliskan catatan.
Akhirnya, karena Anda mendapatkan ke kantor, mematikan ponsel Anda. (Dan jika Anda mengunyah permen karet, menyingkirkan itu.)

Membuat Kesan Pertama terlihat baik

Sebuah aturan utamanya dari wawancara adalah menampilkan kesan yang terbaik dalam sesi wawancara karena dalam sesi ini anda akan dinilai tidak hanya dari kemampuan atau kecakapan anda namun dari cara bicara dan bersikap anda. Selalu tunjukkan rasa sopan dan menawarkan salam hangat kepada semua orang yang Anda temui di perusahaan.

Perlu diingat bahwa kesan pertama dapat membangun bahkan menghancurkan sebuah wawancara. Membuat kesan pertama yang kuat dengan berpakaian dengan baik, datang lebih awal, dan saat menyapa pewawancara Anda, berdiri, tersenyum, melakukan kontak mata, dan jangan lupakan jabat tangan . Ingat bahwa memiliki sikap positif dan mengekspresikan antusiasme untuk pekerjaan yang anda lamar sangat penting pada tahap awal wawancara; studi menunjukkan bahwa penilaian dalam membuat keputusan penting tentang pelamar kerja di 20 menit pertama pada sesi wawancara.

Jadilah lebih otentik, Optimis, Fokus & percaya diri

Setelah wawancara dimulai, kunci keberhasilan adalah kualitas dan bagaimana cara anda menanggapi setiap pertanyaan yang diajukan. Tanggapi setiap pertanyaan dengan keoriginalan jawaban jangan dibuat buat dan yang terpenting adalah, menanggapi segala pertanyaan dengan jujur. Pada saat yang sama, tujuan Anda adalah untuk mendapatkan ke langkah berikutnya, sehingga Anda akan ingin memberikan tanggapan terfokus yang menunjukkan keahlian Anda, pengalaman, dan kemampuan anda dalam pekerjaan tersbeut. Dengan mempersiapkan tanggapan terhadap pertanyaan wawancara jawablah dengan padat, singkat namun memberikan pesan bahwa anda menjawab setiap pertanyaan dengan tepat, hindari menjawab dengan bertele-tele.

Bahasa Tubuh yang baik

bahasa tubuh yang baik juga akan menjadi penilaian tersendiri buat anda. Beberapa bentuk yang efektif dari bahasa tubuh: tersenyum, kontak mata, postur yang solid, mendengarkan, mengangguk dll.

Comments

Popular posts from this blog

Tugas & Tanggung Jawab Admin Sales (Admin Penjualan)

Administrator Sales / Admin Penjualan Pengertian Administrator Sales (Admin Penjualan) Administrator penjualan atau Admin Sales memainkan peran administratif utama dalam mendukung tim penjualan dan memberikan hubungan penting antara wiraniaga dan klien. Tugas admin sales penuh tantangan seperti melaporkan kepada eksekutif penjualan, bekerja di lingkungan yang penuh tantangan dan kompetitif, memproses semua dokumen yang terkait dengan penjualan dan mengatur janji bagi tenaga penjualan untuk mengunjungi pelanggan baru maupun pelanggan lama. Administrator Penjualan menghasilkan prospek klien, meningkatkan jumlah pelanggan, menjawab pertanyaan klien dan menyiapkan dokumentasi penjualan. Sebagian besar waktu mereka dihabiskan untuk mengkomunikasikan dan menangani informasi pelanggan. Source Image: kwik-staff.co.uk Administrator pendukung penjualan memberikan dukungan penting bagi tim penjualan perusahaan. Mereka menangani tugas administratif yang penting, seperti pemrosesan pesanan, dan ber

Pengertian Tugas & Tanggung Jawab Dosen (Lecturer)

Pengertian Dosen Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Img credit by Flickr.com Dosen memiliki tugas mengajar dan membimbing mahasiswa agar yang bersangkutan memiliki kompetensi yang relevan dengan keahliannya dan memiliki tanggung jawab pengembangan ilmu pengetahuan melalui penelitian yang semestinya dilakukan secara terus menerus. Tugas Dosen Menciptakan suasana atau iklim proses pembelajaran yang dapat memotivasi Memiliki tugas yang beragam yang berimplementasi dalam bentuk pengabdian. Tugas tersebut meliputi bidang profesi, bidang kemanusiaan, dan bidang kemasyarakatan. Tugas umum dosen sebagai profesi meliputi mendidik, mengajar dan melatih. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Merencanakan dan melaksanakan pengajaran Melaksanakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat Me

Pengertian Tugas & Tanggung Jawab Translator (Penerjemah)

Translator / Penterjemah Pengertian translator Penterjemah atau translator adalah seseorang atau tim yang bertugas dalam menterjemahkan suatu file, data maupun bahasa kedalam format yang diinginkan klien atau perusahaan dimana dia bekerja. Penerjemah terutama bekerja dengan hal hal bisnis, teknis, hukum dan bahan-bahan tertulis ilmiah termasuk surat-surat, laporan, artikel, buku dll. Pekerjaan mereka menggabungkan: Membaca & menterjemahkan dokumen Menulis dan mengedit salinan Mempersiapkan ringkasan Konsultasi klien Mengembangkan kontak dan menggunakan program komputer terjemahan Beberapa bisnis yang memerlukan jasa penterjemah / Translator Perusahaan penerjemahan Organisasi komersial dan industri Layanan Sipil Badan-badan internasional Banyak penerjemah diri dipekerjakan secara freelance, dibayar per kata sesuai dengan bahasa sehingga pendapatan dapat bergantung pada kecepatan penerjemahan. Perusahaan penerjemahan spesialis dan lembaga biasanya lebih memilih staf yang berpengalama